Selamat Datang di Sangkuriang Mania

Rabu, 04 September 2013

Pentingnya KREATIFITAS dalam Berwirausaha



Menurut Teodore Levit, kreativitas adalah kemampuan untuk berfikir yang baru dan berbeda. Dalam kewirausahaan, thinking new thing dapat diartikan sebagai  berfikir dan bertindak untuk sesuatu yang betul-betul baru, atau berfikir sesuatu yang lama dengan cara-cara yang baru. Menurut Zimmerer dalam bukunya yang berjudul “Entrepreneurship And The New Venture Formation”,  mengungkapkan bahwa ide-ide kreatif sering muncul ketika wirausahawan melihat sesuatu yang lama dan berfikir sesuatu yang baru dan berbeda. Kreatifitas adalah menciptakan sesuatu dari yang asalnya tidak ada (generating something from nothing).

Adapun inovasi adalah kemampuan untuk menerapkan kreatifitas dalam rangka memecahkan persolan-persolan dan peluang untuk meningkatkan dan memperkaya kehidupan (inovation is the ability to apply creative solutions to those problems ang opportunities to enhance or to enrich people’s live). “Sometimes creativity involves generating something from nothing. However, creativity is more likely to result in colaborating on the present, in putting old things together in the new ways, or in taking something away to create something simpler or better”. Dari definisi diatas, kreatifitas mengandung pengertian sebagai berikut :

1. Menciptakan sesuatu yang asalnya tidak ada.
2. Hasil kerjasama masa kini untuk memperbaiki masa lalu dengan cara baru.
3. Menggantikan sesuatu dengan sesuatu yang lebih sederhana dan lebih baik.

Menurut Zimmerer, “creativity ideas often arise when entrepreuneurs look at something old and think something new or different”. Ide-ide kreatif sering muncul ketika wirausahawan melihat sesuatu yang lama dan berpikir sesuatu baru dan berbeda. Rahasia kewirausahaan adalah dalam menciptakan nilai tambah barang dan jasa melalui penerapan kreatifitas dan inovasi untuk memecahkan masalah dan meraih peluang yang dihadapi tiap hari (applying creativity and inovation to solve the problems and to exploit opportunities that people face every day).

Kebiasaan berinisiatif akan melahirkan kreatifitas (daya cipta) setelah itu melahirkan inovasi. Menurut Zimmerer ada tujuh langkah (tahap) berpikir kreatif dalam konteks kewirausahaan, yaitu:
1.  Persiapan (Preparation)
2.  Penyelidikan (Investigation)
3.  Transformasi (Transpormation)
4.  Penetasan (Incubation)
5.  Penerangan (Illumination)
6.  Pengujian (Verification)
7.  Implementasi (Implementation).

Semoga komunitas pencinta Budidaya Lele Sangkuriang, melahirkan ide-ide baru dalam meningkatkan nilai tambah dan kemaslahatan bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar