Selamat Datang di Sangkuriang Mania

Rabu, 31 Juli 2013

10 Tips Penting Menjadi Wirausahawan Sukses



Belajar dari beberapa kisah sukses wirausahawan terkenal,  ada 10 tips penting untuk menjadi sukses dalam 5 tahun. Apa saja?
  1. Jangan kompromi terhadap kualitas hasil kerja. Biasanya di awal-awal memulai usaha kita sangat bersemangat, terkadang kita diuji untuk menjadi serakah, sehingga mengorbankan kualitas dari produk atau jasa yang kita jual. Padahal kualitas itu yang membangun kinerja kita, dan orang bakal balik ke kita jika kita memberikan produk atau hasil pekerjaan dengan kualitas terbaik.
  2. Tak ada perjalanan yang dimulai dan diakhiri di tempat yang sama. Siap-siap untuk memodifikasi atau bahkan meninggalkan rencana bisnis yang telah kita buat dengan kerja keras. Karena untuk bisa bertahan, kita harus sangat fleksibel untuk mengubah berbagai rencana.
  3. Fokus pada pekerjaan yang bisa kita lakukan, dan berikan pekerjaan yang tidak bisa kita lakukan kepada orang lain. Kemudian carilah perusahaan yang menyediakan sumber daya yang kita butuhkan, serta berikan waktu dan ruang yang cukup untuk fokus mengerjakan hal-hal yang menjadi kekuatan kita.
  4. Luangkan waktu untuk berpikir. Terdengar sederhana, namun banyak orang yang bekerja 60 jam per minggu dan tidak mempunyai waktu untuk mengulas kembali pekerjaan yang telah dilakukan dengan baik dan yang kurang baik. Karena tanpa refleksi tersebut, kita bisa terus melakukan kebiasaan buruk dalam aktifitas usaha yang kita geluti.
  5. Terus melakukan riset dan selalu responsif. Sediakan waktu beberapa menit tiap hari untuk melakukan riset secara online terhadap kompetitor kita untuk melihat apa yang mereka lakukan. Cobalah untuk terus berada satu langkah di depan, Gunakan data dan analisis sehingga bisa terus memperbaiki layanan kita dan mengikuti tren yang ada.
  6. Jangan menerima semua tawaran. Memang cukup sulit untuk menolak semua proyek atau permintaan agar roda bisnis bisa terus berjalan. Tapi mengambil pekerjaan yang salah bisa menghambat pertumbuhan bisnis.
  7. Perbanyak hubungan. Lewat banyaknya rekan dan kenalan bisa mendorong pertumbuhan bisnis dan ekspansi.
  8. Percayalah pada diri kita sendiri. Pasti akan banyak orang yang meragukan kita dan mengatakan bahwa kita gila. Namun kita harus tetap bertahan dan percaya pada diri kita sendiri. Jangan terus menerus tenggelam mengira-ngira apakah tindakan kita benar atau tidak.
  9. Tetap berkomitmen pada bisnis yang ideal. Ini akan sulit dan membuat stres, tapi jangan menyerah.
  10. Jangan bertaruh (mengambil risiko) terlalu besar. Banyak pengusaha yang membuat kesalahan dengan berinvestasi pada sesuatu yang tidak mereka yakini bakal berhasil. Gunakan sedikit uang kita untuk menguji apakah ide baru yang muncul bakal menguntungkan. Kita harus bisa membuktikan bahwa dengan modal Rp 1 juta, kita bisa menghasilkan Rp 10 juta.

TETAP SEMANGAAAAAAAAAAATTT..!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar