Selamat Datang di Sangkuriang Mania

Selasa, 20 Agustus 2013

Manfaat Kemitraan dalam Memulai Usaha



Konsep Kemitraan adalah Kerjasama antara usaha kecil (termasuk petani/peternak) dengan usaha menengah atau dengan usaha besar disertai pembinaan dan pengembangannya, atau antara pengelola usaha yang menjalankan perniagaan (Mudharib) dengan pemilik modal/investor (Shahibul Maal) dengan memperhatikan prinsip - prinsip sebagai berikut :

  • Saling memerlukan, saling ada ketergantungan
  • Saling menguntungkan
  • Saling menghargai dan saling menghormati satu sama lain
  • Saling mematuhi kesepakatan yang ditetapkan bersama
  • Saling mempercayai
  • Saling membangun, saling menumbuhkan dan saling mengembangkan
  • Berorientasi mencari keuntungan "jangka panjang" dan berkelanjutan
  • Memiliki kedudukan dan posisi yang sama dan setara

Apabila prinsip-prinsip tersebut diatas benar - benar dilaksanakan maka pola kemitraan tidak mengenal istilah "Pengelola" dan "Penghela".
Tujuan dan manfaat Kemitraan

Kemitraan usaha bertujuan
(a) untuk meningkatkan pendapatan, kesinambungan usaha,
(b) meningkatkan kualitas sumberdaya kelompok mitra,
(c) peningkatan skala usaha dalam rangka menumbuhkan dan
(d) meningkatkan kemampuan usaha kelompok mitra.

Sedangkan manfaat yang akan diperoleh dalam kegiatan kemitraan adalah merupakan upaya bersama untuk memperkuat kemampuan bersaing dan untuk membangun tatanan dunia usaha yang kuat dengan tulang punggung usaha menengah yang tangguh saling mendukung dengan usaha kecil dan usaha menengah atau usaha besar, atau membangun tatanan perniagaan yang sehat antara pengelola perniagaan dengan pemilik modal melalui ikatan-ikatan kerjasama.

Kemitraan tidak boleh diartikan sebagai penguasaan yang satu atas yang lain. Kemitraan harus menjamin kemandirian masing masing pihak sehingga prakarsa dan daya kreasi akan berkembang, karena kemitraan tidak menghilangkan persaingan. Dalam suasana persaingan yang sehat, kemitraan justru akan tumbuh lebih subur. 

Kemitraan mendukung efisiensi ekonomi karena pihak - pihak yang bermitra masing - masing menawarkan sisi - sisi unggulnya. Melalui kemitraan, kecenderungan monopoli dapat dihindarkan. Monopoli menyebabkan distorsi dalam pasar, sedangkan kemitraan memperkuat mekanisme pasar dan sekaligus menghindari persaingan yang tidak sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar