Selamat Datang di Sangkuriang Mania

Senin, 19 Agustus 2013

Tips Keberhasilan Perawatan Benih Lele



  1. Kebersihan dan kesehatan kolam perawatan benih. Pastikan kondisi kolam dan air kolam benar-benar bersih tidak ada hewan lain selain benih ikan untuk memastikan agar benih terhindar dari predator atau pemangsa.  
  2. Suhu air
    Usahakan suhu air di kolam perawatan benih menunjukan stabilitas selama satu bulan, sebab perbedaan suhu 2°c saja baik perubahan dari dingin ke panas maupun sebaliknya akan mengakibatkan nafsu makan benih berkurang sehingga daya tahan tubuhnya pun menurun.
  3. Pemberian makanan
    Pemberian makanan harus tepat waktu artinya jika pemberian makanan di lakukan 4 kali pada jam yang sudah ditentukan maka hari berikutnya pun harus di jam yang sama, di anjurkan makanan yang alami seperti kutu air, infusoria, rotifer dan cacing karena apabila tidak habis di konsumsi maka masih tetap hidup melayang laying didalam air sehingga mampu menekan tingkat kebusukan yang disebabkan dari sisa makanan yang mengendap. Jika larva diberi makan kuning telur rebus, pastikan secukupnya (tidak ada yang tersisa).
  4. Oksigen
    Selain faktor makanan , oksigen sangatlah penting. Karena benih yang berdiam diri tak bergerak dengan posisi menggantung merupakan satu tanda bahwa benih kekurangan oksigen terlarut didalam air. Gelagat yang demikian apabila tidak diberikan tindakan cepat maka akan mengakibatkan mati lemas.
    Cara penanganannya, bisa dengan memasang aerator pada kolam perawatan benih, atau dengan mengurangi air kolam serta membersihkan sisa kotoran makanan kemudian tambahkan air kolam dengan air yang baru yang telah diendapkan dan dilakukan rutin seminggu 2 sampai 3 kali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar