Selamat Datang di Sangkuriang Mania

Selasa, 03 September 2013

Jagalah Lele Kita Agar Tidak Stress



Dalam konteks timbulnya penyakit, ikan (lele) merupakan sasaran atau inang dari penyakit. Lele sehat memiliki kemampuan mempertahankan diri dari serangan berbagai penyakit dengan adanya mekanisme pertahanan diri. Kemampuan lele mempertahankan diri dari serangan penyakit tergantung pada kesehatan lele dan lingkungannya. Jika kesehatan lele menurun atau kondisi lingkungan kurang menunjang, maka lele akan mengalami stres, sehingga menurunkan kemampuannya mempertahankan diri dari serangan penyakit.

Stres terjadi jika suatu faktor lingkungan (stressor) meluas atau melewati kisaran toleransi untuk lele dan akan mengganggu fungsi fisiologis pada lele tersebut. Pengaruh stres terhadap menurunnya ketahanan lele terjadi secara hormonal. Lele stres mempunyai respon hormonal, contohnya dapat berupa hormon esteorase (hormon yang banyak tertimbun di otak), atau hormon adrenaline dan respon seluler (phagocytic) relatif rendah, sehingga tidak mempunyai ketahanan yang memadai terhadap serangan penyakit.

Penyebab stres pada lele sangat bervariasi dan dikelompokkan menjadi stres kimia, lingkungan dan biologis. Penyebab stres ini dapat langsung mempengaruhi lele atau secara tidak langsung mempengaruhi kondisi lingkungan menjadi tidak sesuai bagi lele yang dipelihara atau dibudidayakan.

Stres kimia disebabkan karena terjadinya penurunan konsentrasi oksigen, meningkatnya konsentrasi karbondioksida, amonia maupun nitrit. Konsentrasi sublethal dari insektisida, pestisida maupun logam berat juga dapat dikategorikan sebagai salah satu penyebab terjadinya stres kimia.

Beberapa parameter yang dapat menyebabkan terjadinya stres lingkungan antara lain adalah temperatur yang ekstrem, air yang terlalu jenuh dengan gas, intensitas cahaya yang berlebihan, fluktuasi pH, alkalinitas dan sistem buffer. Gangguan yang disebabkan oleh aktivitas parasit eksternal maupun internal merupakan salah satu penyebab terjadinya stres biologi. Penyebab stres biologi lainnya adalah kondisi pakan yang tidak sesuai dengan kebutuhan ikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar